Undang Potensi, Basarnas Makassar Bentuk FKP3


MAKASSAR.BASARNAS.GO.ID - Dalam upaya untuk terus meningkatkan pelayanan jasa SAR di wilayah kerjanya, Basarnas Makassar mengundang Potensi SAR untuk hadir dalam kegiatan Forum Komunikasi Potensi Pencarian dan Pertolongan (FKP3). Forum ini dilaksanakan di Selayar Pool, Gammara Hotel, Makassar pada Sabtu (28/9) malam. 

Menurut Kepala Seksi Sumber Daya Basarnas Makassar, Kaharuddin, Kegiatan ini menjadi program kerja untuk meningkatkan kesolidan potensi SAR serta ajang silaturahmi dan evaluasi operasi yang dilakukan bersama potensi di lapangan.

 

"Kita mengundang teman-teman potensi agar bisa diskusi tentang kendala-kendala yang ditemui di lapangan saat operasi SAR untuk dievaluasi dan diperbaiki", ungkap Kahar. 

Melanjutkan yang disampaikan Kasie Sumber Daya, Kepala Basarnas Makassar, Mustari, yang menjadi pemateri dalam FKP3 menyampaikan bahwa bantuan potensi di lapangan sangat membantu Basarnas Makassar dalam setiap operasi SAR.

"Kita sangat berterima kasih. Dengan keterbatasan personel Basarnas Makassar, teman-teman potensi sangat berperan dalam kelancaran operasi di lapangan", terang Mustari. 

Menurutnya, Basarnas akan terus berupaya meningkatkan kompetensi bagi potensi untuk bisa memiliki keterampilan menolong yang disertifikasi. Karenanya, Basarnas Makassar akan menjadikan pelatihan SAR lanjutan sebagai program rutin yang akan diadakan 4 sampai 5 kali dalam setahun.

Dalam diskusi FKP3 itu muncul beberapa masukan evaluasi yang disampaikan potensi SAR tentang pengenalan tata cara memperlakukan jenazah di lapangan bagi para para petugas evakuasi, ini dirasa penting karena para petugas evakuasi akan berhadapan langsung dengan situasi demikian. Juga dibahas mengenai batasan dalam menyebarkan foto-foto korban bencana serta kegiatan latihan rutin bagi potensi dalam peningkatan kapasitas sebagai seorang penolong.



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : makassaradmin
29 September 8:15 WIB