Pengamanan Losari International Dragon Boat


Pengamanan Losari International Dragon Boat

Makassar – Festival Dragon Boat yang dilaksanakan di Pantai Losari, makassar, sabtu – Minggu (22-23 Nov 2014) diikuti oleh 28 peserta dari tiga negara, yaitu Malaysia, Singapura dan Indonesia. Losari International Dragon Boat ini merupakan agenda tahunan Pemerintah Kota Makassar. Acara ini sudah memiliki izin sertifikasi dari International Dragon Boat Federation (IDBF). Kegiatan ini bersifat wisata sebagai ajang promosi Kota Makassar khususnya Pantai Losari yang merupakan kebanggaan warga Makassar. Pada tahun ini, perhelatan Losari Dragon Boat memperlombakan beberapa kategori antara lain kategori open 12 (putra), campuran 12, campuran 22 dan 22 open putra.

Dalam event besar ini, Basarnas makassar berperan sebagai safety team dengan menurunkan sejumlah rescuer guna mengamankan jalannya lomba. Peralatan berupa dua perahu karet, dua jetski, dua emili (perahu pelampung remote control) dan sejumlah peralatan Water Rescue disiapkan di lokasi lomba. Terbukti dengan beberapa insiden perahu terbalik, Rescuer yang memang sudah siap mengantisipasi hal-hal yang demikian langsung bergerak mengevakuasi peserta lomba.

"Dengan perahu karet dan jetski, kami langsung menuju ke perahu yang terbalik, mengevakuasi peserta dan menarik Dragon Boatnya ke tepi," jelas Nasaruddin, Dantim Rescue Basarnas Makassar. Sementara Dadang, salah satu anggota rescue menambahkan bahwa tidak semua dari peserta lomba ini bisa berenang, kami mengevakuasi beberapa orang yang panik saat perahu mereka terbalik, Tapi dengan kesigapan dan kecepatan, seluruh korban dapat kami selamatkan.(AD)



Kategori General Artikel .
Pengunggah : author
22 November 19:45 WIB