Basarnas Sinergi BPBD untuk Penanggulangan Bencana


MAKASSAR.BASARNAS.GO.ID - Kepala Kantor Basarnas Makassar, Mustari, hadir sebagai Pemateri pada Orientasi dan Pelaksanaan Diklat SAR Laut yang diadakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar, di Kantor PMI Kota Makassar, Jalan Kandea, Senin(30/9). 

Mustari menyampaikan materi tentang Kebijakan Basarnas dalam Pencarian dan Pertolongan. Sesuai dengan UU Nomor 29 tahun 2014 tentang pencarian dan pertolongan, Basarnas bertugas membantu Presiden dalam hal pencarian dan pertolongan.

"Selain menjadi tugas pokok kami ddi pencarian dan pertolongan untuk kecelakaan pesawat dan kapal, serta kondisi membahayakan manusia. Kami juga ikut dalam hal bencana alam di masa kegaqat daruratan", jelas Mustari di hadapan peserta. 

Menurutnya, Basarnas sebagaimana diatur dalam UU menjadi 'leading sector' dalam hal pencarian dan pertolongan. Karenanya, Basarnas selalu siap siaga 24 jam setiap harinya untuk tanggap terhadap pelaksanaan tugas sebagaimana fungsinya.

Lanjut, Mustari memberi motivasi bahwa kegiatan pencarian dan pertolongan adalah tugas kemanusiaan yang mengikat tim untuk bekerja di lapangan dengan penuh kepwdulian dan keikhlasan.

"Kita semua adalah bagian yang peduli kemanusiaan. Jika ada kecelakaan atau kondisi membahayakan manusia maka kita akan terpanggil untuk membantu", imbuh Mustari. 

Baginya, Basarnas Makassar dan BPBD adalah satu bagian yang tak terpisahkan. Utamanya saat terjadi bencana, Basarnas dan BPBD akan saling sinergi untuk membantu. Basarnas bertugas dalam hal kegawat daruratan dan BPBD bekerja hingga masa pemulihan pasca bencana. 

"Kita sama-sama pekerja di lapangan. Karenanya kita harus terus menjalin silaturahmi dan sinergi saat menjalankan tugas", tegas Mustari.



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : makassaradmin
30 September 11:45 WIB