Basarnas Makassar Upacara Bendera Memperingati Harkitnas ke 111


Makassar- Memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Hartiknas) ke 111 tahun 2019 pada hari senin tanggal 20 Mei 2019, Kantor Basarnas Makassar melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Basarnas Makassar. Pelaksanaan upacara mulai pukul 08.00 WITA, diikuti oleh seluruh pegawai di Kantor Basarnas Makassar termasuk dari ABK Kapal Antasena. Bertindak selaku Inspektur Upacara, Kepala Kantor Basarnas Makassar, Mustari, membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Dalam sambutan, dijelaskan bahwa, embrio hari kebangkitan nasional telah ada bahkan melampaui dari 111 tahun lalu, yakni ketika Mahapatih Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa (amukti palapa) yang berjanji untuk mempersatukan negeri nusantara. Sebuah sumpah yang pada tahun 1908, 111 tahun lalu diikrar kembali menjadi sebuah tonggak perjuangan untuk mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Peringatan Hartiknas tahun ini akan sangat relevan jika dimaknai dengan kondisi bangsa pasca pesta demokrasi dengan segala bentuk perbedaan aspirasi pilihan yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat kita. Diharapkan peringatan Hartiknas yang mengambil tema ‘Bangkit untuk Bersatu”, menjadi momentum baik untuk kembali mempersatukan kita dalam semangat ke-Indonesia-an, semangat gotongroyong, sebagaimana harapan Pendiri bangsa kita Soekarno. Apalagi terlaksana di bulan Ramadan yang punya nuansa kebaikan dan kemuliaan.

Menutup upacara Hartiknas, pembacaan do’a dilaksanakan hikmat dengan munajat agar seluruh personil Basarnas Makassar bisa mewarisi semangat perjuangan para pendahulu bangsa yang berjuang mempertahankan kesatuan Republik Indonesia dengan kontribusi di bidang pencarian dan pertolongan. (*NFM)



Kategori Berita Kansar , General Berita .
Pengunggah : makassaradmin
20 May 10:00 WIB