Bangun Sinergitas Hadapi Kontingensi Kecelakaan Kapal, Basarnas Makassar Ajak Latihan SAR Gabungan



MAKASSAR.BASARNAS.GO.ID - Basarnas Makassar dalam membangun sinergi antar instansi pemerintahan yang terkait dengan bidang pencarian dan pertolongan akan melaksanakan Latihan SAR Gabungan (Latsargab) tahun 2019. Latsargab ini merupakan bagian dari Rapat Koordinasi (Rakor) yang telah dilaksanakan oleh Basarnas Makassar beberapa waktu lalu. 

“Kita akan melakukan simulasi latihan bersama dalam menguji kesiapan Personel Basarnas, Alut Laut, dan paling penting adalah sinergitas potensi yang terlibat dalam operasi SAR dari TNI/Polri, KesyahbandaraN, Navigasi, BMKG, Kesehatan Pelabuhan, Rumah Sakit, serta unsur lainnya. Ini juga untuk menguji aplikasi SAR Map yang kami miliki”, tutur Mustari, Kepala Basarnas Makassar di hadapan peserta rapat pemantapan yang dilaksanakan di Ruang Serbaguna Ditpolairud Polda Sulsel, Senin (15/7).

Menurut Mustari, Latsargab ini sengaja menjadi program kerja Basarnas Makassar karena sudah lama tidak melakukan latihan bersama. Sementara potensi kecelakaan kapal yang ada di Sulawesi Selatan cukup tinggi, mengingat bahwa perairan Sulawesi Selatan menjadi Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II.

Sementara itu, Kombes Hery Wiyanto, Direktur Polairud Polda Sulsel yang menjadi tuan rumah rapat menegaskan bahwa kegiatan Latsargab ini harus dilaksanakan maksimal supaya ke depan setiap unsur yang terlibat tahu tentang siapa yang berbuat apa.

Giat Latsargab rencananya akan dilaksanakan pada hari Rabu (17/7) di sekitar pulau Barang Lompo dan Barang Caddi.



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : makassaradmin
15 July 1:12 WIB